27 April 2012

Langkah-Langkah Perawatan Untuk Anjing Tua


copied from email received…..
04 Juli 2006 - 00:44   (Diposting oleh: Toekang Anjing)
Langkah-Langkah Perawatan Untuk Anjing Tua   
Pfizer, Your Reliable Partner.
Apakah anda memiliki anjing tua? Pernah perhatikan tidak kalau anjing tua ini  menunjukkan perubahan aktivitas? Hal ini disebabkan karena anjing berusia lanjut memiliki berbagai masalah terutama kesehatannya.
Pada usia berapa anjing bisa dikatakan telah tua? Anjing dikatakan tua jika telah berumur di atas 7 tahun, atau jika kita kalkulasikan dengan umur manusia setara dengan 49 tahun. Pada usia ini mereka memerlukan perawatan yang lebih intensif. Berikut ini beberapa program yang kami rekomendasikan untuk “kehidupan lebih baik bagi anjing tua”:
Seperti pada manusia lanjut usia, pemeriksaan rutin ke dokter hewan sangatlah penting, setidaknya dua kali setahun. Dokter hewan akan memeriksa kondisi anjing anda melalui pemeriksaan fisik ataupun dengan uji diagnosa spesifik yang akan disesuaikan dengan umur, ras dan status kesehatannya.
Dokter hewan biasanya akan merekomendasikan uji darah dan urin, selain itu jika memang dianggap perlu akan dilakukan pemeriksaan EKG / rontgen rongga dada. Uji ini penting untuk mengetahui sejauh mana fungsi tubuh masih berperan normal dan dapat menjadi alat bantu untuk diagnosa awal terhadap masalah kesehatan dikemudian hari.
Jangan lupa untuk tetap menvaksinasi dan pencegahan terhadap parasit. Anjing tua kurang tahan terhadap penyakit dan lebih rentan terhadap adanya infeksi. Jadi, pastikan untuk tetap melakukan booster vaksinasi dan rutin melakukan tindakan pencegahan terhadap cacing jantung. Lindungi pula terhadap infestasi parasit eksternal seperti caplak dan kutu.
The last but not least, pastikan dokter hewan kesayangan andan mengetahui apabila terjadi gangguan kesehatan maupun perubahan perilaku pada anjing


Alpha Dog

Hengky <sup3rrm4n@yahoo.com> wrote:
Helo Wik..

sekedar sharing pengalaman juga..

awal nya anjing adalah hewan yg hidup nya berkelompok (spt nenek moyang nya srigala) yg hidup berkelompok.. jadi di dalam kelompok itu ada hirarkinya.. ada alpha dog nya. alpha dog bisa jantan atau betina bisa jg ada alpha dog jantan dan alpha dog betina.

jadi apa yg terjadi sama GR dan Labs kamu, adalah saat mereka menentukan siapa yg dominan, siapa yg jadi alpha dog.. dan di sini keliatannya GR kamu yg jadi alpha dog. tp krn kamu tidur dgn GR dan LAb kamu, mestinya kamu harus menjadi alpha dognya..

caranya gak susah, tp ya gak gampang juga mesti konsisten, walaupun udah pada gede ya.. gini.. jadi kamu harus jadi alpha dog, semua yg kamu lakukan harus duluan.. misal, kamu kan membiasakan GR dan Lab kamu masuk rumah dan masuk kamar, jadi tiap masuk/keluar mesti kamu di depan, trus baru GR kamu lalu LAb kamu, begitu juga kasih makan.. kamu makan duluan, baru kasih si GR (piringnya) baru si Lab.. jadi nanti akan terbentuk suatu pola hirarki, bahwa kamu adalah alpha dog dan GR alpha dog kalo kamu gak ada..

utk hukuman yg kamu berikan, sdh bener.. tp misal si GR di garasi, Lab kamu jg jgn masuk kamar, tp stay dalam rumah aja :) itu akan lebih fair bagi anjing (hehehe...)

semoga bisa membantu n happy long wiken ya..

btw, Wik, masih pernah ke papillon lagi kah ?

hengky

From: wiwik sukiyat <wmlp128@yahoo.com>
To: SayangAnjing@yahoogroups.com
Sent: Thursday, May 31, 2007 2:36:43 PM
Subject: Re: [SayangAnjing] anjing2 ku berantem...

hi hengky,

tq bgt yah sharing nya..aku mau coba deh ya..mudah2 an bhsl.:)

heng, sbnr nya dl tuh migo (lab) lbh (spt km blg) yg jd alpha dog, apalagi kan caesar  (GR) "pendatang" br yah, jd secara umur n senioritas dia lbh muda. cuma lama2 aku liat emang caesar jd lbh dominan krn migo lbh kalem n ngalah bgt.
dulu, caesar ga pernah menang kl berantem tp 1 kali dia menang n sejak itu dia jd "semena-mena" :D

tp lucu nya, kl aku ajak mrk jalan ke taman suropati tuh, caesar hrs di dpn (kl di  belakang migo dia ngelonjak2 n pgn lari ngejar migo smp aku pernah ketarik), n kl dia udh di dpn setiap jln brp langkah pst dia nengok2 ke belakang ngeliatin migo n kl migo nya ga keliatan atw jauh caesar nya nungguin n  ga mau bergerak smp migo keliatan lg.
(apa itu malah tanda2 dia dominan yah??)

trs jg, soal bola. kl migo seneng bgt main tangkep bola kl caesar males. caesar kl udh dikasih bola cuma diemut aja dlm mulut nya. dl kan mrk pernah berantem krn berebutan bola smp lidah caesar berdarah n hrs dijait, nah semenjak itu kl migo lg main bola caesar ga berani ganggu. aku cm ksh caesar bola n dia asik sndr smtr migo sibuk nangkep bola.

apa semua itu tanda2 mrk udh nentuin teritory mrk yah?
aku suka kasian sm migo krn terlau ngalah smtr caesar nya pecicilan. mgkn ga ya satu saat migo marah n ngebales?

aku udh ga pernah ke papilon lg krn skrg sabtu kerja :(
msh rame  ya disama?

-wiwik-


Hengky <sup3rrm4n@yahoo.com> wrote:

wah seru juga tuh :) kalo jalan mau nya si caesar di depan, trus kalo main bola migo lbh suka..

well, saat kayak gini.. kamu jadi apa nya wik ? (' ',)
usia mereka beda jauh gak sih ? migo usia brp ? caesar usia brp ? size dan berat mereka sdh seimbang blm ?

kalo sehari hari nih.. diluar aktivitas jalan ke luar, kalo di rumah aja, ya routine day to day nya (misal main,makan,minum,) siapa yg lebih agresif ,migo atau caesar ?

krn back to sifat masing2, walaupun sama2 retreiver, GR lebih banyak "cari perhatian" dari Lab, lab emang lebih "cool" dari GR, tapi lab pny fighting insting lebih dari GR, so bisa jadi nanti migo ambil alih lagi.. artinya akan terjadi (lagi) pertarungan antara mereka (hopefully not deh..-capek bersihin nya :p).
kalo baca emailmu, kayak nya pertarungan terakhir nya blm terjadi nih, walaupun migo menderita enough pain.. mesti tetep waspada wik..

diluar itu, coba kamu mulai jadi alpha dog, kalo gak salah banyak situs yg mengajari teknik menjadi alpha dog, disamping yaaa teknik2 dasar spt yg kamu n gw tau :d. trus semua tindakan di mulai dari kamu lalu ke (siapa yg menurut kamu lebih pantes jadi alpha dog) baru ke anjing terakhir..

moga2 bisa bantu ya..

papillon (bangga dikit nih) tetep rame :) - sabtu besok mau ke sentul utk dog tracking di sana..
udah masuk O channel dan ANTEVE ( siap tayang) hihihi.. bangga juga wik, walaupun gw jarang ke sana skrg.. well.. gud luck ya, dan tetep waspada krn last fight isnt start yet.. (hihihi..)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar